ANTARA ABRAHAM LINCOLN DAN JOHN F. KENNEDY

ANTARA ABRAHAM LINCOLN DAN JOHN F. KENNEDY
oleh : M. Shibghoh R.

Sejarah itu berulang! Ya, sejarah berulang dalam arti kejadian (objektif) yang memiliki pola-pola yang sama dengan kejadian sebelumnya, contohnya Perang Dunia II yang merupakan sejarah yang terulang dari Perang Dunia I. Namun, apa yang akan diuraikan di bawah ini akan menjadi terasa aneh ketika sejarah terulang dengan begitu banyak kemiripan. Entah suatu kebetulan ataupun memang sudah diatur oleh Sang Penguasa, namun hal ini membuktikan jika sejarah itu memang berulang! Hal ini terjadi pada presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln dan presiden ke-35 Amerika Serikat, John Fitzgerald Kennedy.

Lincoln dan Kennedy, keduanya dibentuk dari 7 huruf. Abraham Lincoln masuk kongres pada tahun 1846, sementara John F. Kennedy masuk kongres pada 1946. Pada 1847, Lincoln terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika. John F. Kennedy mulai 1947 mewakili Massachusetts, sebagai anggota Dewan Perwakilan dan Senat AS. Abraham Lincoln memenangkan pencalonan presiden dan terpilih menjadi presiden tahun 1860, ia mulai menjabat sebagai presiden Amerika Serikat pada 1861. John F. Kennedy terpilih sebagai presiden pada 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam pemilu, dan dilantik menjadi presiden pada 1961. Semasa menjabat sebagai presiden, keduanya dikenal peduli dan turut memperjuangkan hak-hak sipil. Uniknya, sekretaris Lincoln bernama Kennedy, dan sekretaris Kennedy bernama Lincoln. Selain itu, kedua istri mereka pun sempat kehilangan anak saat di Gedung Putih.

Ketika berada di teater Ford, Washington, Abraham Lincoln tertembak di kepala oleh penduduk dari daerah selatan, bernama John Wilkes Booth, yang lahir pada 1839. Sementara John F. Kennedy tertembak pula di kepala ketika berada di atas mobil bermerk Lincoln yang diproduksi pabrikan Ford dalam kunjungannya ke Texas. Ia ditembak oleh penduduk yang berasal dari daerah selatan bernama Lee Harvey Oswald, yang lahir pada 1939. Kedua presiden ditembak tepat pada hari Jum’at oleh pelaku yang sama-sama memiliki tiga nama dan terdiri dari 15 huruf!! Ironisnya, kedua pelaku penembakan sama-sama terbunuh sebelum masuk pengadilan untuk diadili. Entah aneh ataupun unik, kedua pelaku penembakan sama-sama berusaha melarikan diri, Booth yang melakukan penembakan di gedung bioskop kemudian tertangkap di sebuah gudang. Sementara Oswald menembak dari sebuah gudang, kemudian tertangkap ketika bersembunyi di gedung bioskop.

Fakta antara kedua presiden ini semakin aneh dan rumit, ketika seminggu sebelum Abraham Lincoln ditembak, ia berada di kota kecil Monroe, Maryland. Sementara itu, John F. Kennedy seminggu sebelum tertembak, dia bersama aktris Marlyn Monroe. Setelah keduanya meninggal dunia karena peristiwa penembakan, posisi presiden digantikan oleh kedua wakil mereka yang juga berasal dari daerah selatan Amerika, yang mempunyai nama Johnson. Abraham Lincoln digantikan oleh Andrew Johnson yang lahir pada tahun 1808 dan menjabat sebagai presiden hingga 1869. Sementara John Fitzegerald Kennedy digantikan oleh Lyndon Baines Johnson, yang lahir pada tahun 1908 dan menjabat sebagai presiden hingga 1969. Kedua presiden pengganti memiliki susunan nama yang serupa dengan presiden sebelumnya!!

Hmmm… menarik bukan? Inilah sejarah. Selalu memiliki keunikan dan untuk kasus ini para pakar teori konspirasi tentu tidak akan tinggal diam ketika menemui fakta unik ini. Tidak ada sesuatu yang terjadi di luar rencana, apakah kesamaan kisah antara Abaraham Lincoln dan John F. Kennedy merupakan suatu kebetulan belaka? Atau suatu skenario yang berjalan sukses? Inilah sejarah!

(O/M.S.R)

Tinggalkan komentar